Lompat ke isi utama

Berita

Supervisi Pendampingan dan Pembinaan Ketua Bawaslu Wonogiri Terhadap Penanganan Pelanggaran di Kecamatan Wuryantoro

Ketua Bawaslu Kabupaten Wonogiri A. Joko Wuryanto (kaos merah) saat melakukan pendampingan dan pembinaan di kantor sekretariat Panwascam Wuryantoro

Ketua Bawaslu Kabupaten Wonogiri A. Joko Wuryanto (kaos merah) saat melakukan pendampingan dan pembinaan di kantor sekretariat Panwascam Wuryantoro

Wonogiri-Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Wonogiri, Antonius Joko Wuryanto, melakukan supervisi, pendampingan, dan pembinaan terhadap penanganan pelanggaran di Kecamatan Wuryantoro pada Sabtu (20/1). Langkah ini diambil sebagai upaya memastikan kesiapan dan kualitas penanganan setiap potensi pelanggaran dalam rangka mengawal jalannya pemilihan umum di tingkat kecamatan.

Tujuan utama dari supervisi ini adalah memberikan arahan serta bimbingan teknis kepada Panwascam Wuryantoro dalam menangani setiap pelanggaran yang mungkin terjadi.

Joko Wuryanto, menyampaikan bahwa supervisi ini merupakan bagian dari upaya Bawaslu untuk memastikan bahwa setiap tahapan pemilihan, termasuk penanganan pelanggaran, dilakukan dengan transparansi, integritas, dan sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku.

"Kami memberikan pendampingan dan pembinaan kepada Panwascam Wuryantoro untuk memastikan bahwa mereka siap dan mampu menanggapi setiap pelanggaran dengan cepat dan efektif. Keberhasilan pemilihan umum juga bergantung pada kemampuan lembaga pengawas di tingkat kecamatan dalam menjalankan tugasnya dengan baik," ujar pria yang akrab disapa Pak Wur itu.

Dalam kegiatan tersebut, dilakukan evaluasi terhadap sistem pelaporan pelanggaran yang telah disiapkan oleh Panwascam Wuryantoro. Ketua Bawaslu juga memberikan arahan terkait peningkatan koordinasi dengan lembaga terkait dan menguatkan hubungan dengan masyarakat untuk mendukung pelaporan pelanggaran.

Ketua Panwascam Wuryantoro, Priyono, menyambut baik pendampingan dan pembinaan yang diberikan oleh Bawaslu. "Kami sangat mengapresiasi dukungan dan arahan dari Bawaslu Kabupaten. Dengan bimbingan ini, kami semakin siap menghadapi segala potensi pelanggaran dan menjaga integritas pemilihan di Kecamatan Wuryantoro," kata Piyono.

Supervisi, pendampingan, dan pembinaan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap kualitas penanganan pelanggaran di Kecamatan Wuryantoro. Keberhasilan dalam mengatasi pelanggaran akan menjadi langkah penting dalam menjaga kelancaran dan keberlanjutan proses demokrasi di tingkat lokal.

penulis : Dani