Lompat ke isi utama

Berita

Pentingnya Pengelolaan Arsip Di Bawaslu

Pentingnya Pengelolaan Arsip Di Bawaslu
A. Joko Wuryanto (tengah) duduk bersama narasumber dari Dinas Arsip Daerah (kiri) dan Slamet Mugiyono (kanan)

WONOGIRI-Bawaslu Kabupaten Wonogiri menyelenggarakan kegiatan Pengelolaan Kerarsipan dengan Dinas Arsip Daerah. Bawaslu menghadirkan narasumber Didik Rohmadi selaku Kabid Kearsipan dan Dewi Triliyanti selaku Arisparis Muda. Kegiatan ini diikuti oleh jajaran sekretariat Bawaslu Wonogiri dengan tujuan menambah edukasi tentang pengelolaan kearsipan di lingkuan Bawaslu. Mengapa Arsip perlu dikelol dan ditata? salah satunya untuk memudahkan temu kembali informasi. 

Whats-App-Image-2023-10-24-at-09-48-50

Dalam paparan materinya, Dewi menyampaikan tentang teknis pengelolaan arsip, Dewi juga menyebutkan apa saja manfaat arsip yang tertib diantaranya : Untuk Perencanaan dan Pengambilan Keputusan, Pelindungan Hak Keperdataan Rakyat, Pelindungan Aset dan Kekayaan Intelektual, Identitas dan Memori Kolektif, Dukungan Pelayanan Publik, Bahan Pertanggungjawaban, Pembelajaran Bagi Anak Cucu (Sumber Ilmu Pengetahuan), Pelindungan Eksistensi Bangsa.

Ilmu yang disampaikan sangat mengedukasi jajaran sekretariat Bawaslu Wonogiri, kedepannya Bawaslu akan terus berkoordinasi dengan Dinas Arsip Daerah untuk bimbingan pengelolaan arsip, arsip bawaslu banyak yang disimpan di dinas Arsip karena sebelumnya Bawaslu RI sudah menjalin MOU dengan ANRI (Arsip Nasional Republik Indonesia).

Humas Bawaslu Wonogiri