Lompat ke isi utama

Berita

Jelang Pilkada 2024 Bawaslu Wonogiri Buka Pendaftaran Panwascam Existing

rekrutmen panwascam existing

pendaftaran panwaslu kecamatan existing bawaslu kabupaten wonogiri untuk pilkada tahun 2024 

Wonogiri, Bawaslu Kabupaten Wonogiri - Rekrutmen Panwascam Existing untuk Pilkada 2024 telah dibuka. Jajaran pengawas Pemilu ad hock (peserta Existing) begitu antusias sambangi Sekretariat Bawaslu Wonogiri dalam melakukan pendaftaran serta penyerahan laporan akhir terkait hasil kinerja yang telah dilakukan pada tahapan Pemilu 2024.

Berdasarkan (Juknis/Pedoman Rekrutmen) besok merupakan hari terakhir pendaftaran/penerimaan berkas (27/4) tepatnya pada pukul 23.59. WIB. Bawaslu Wonogiri yang tergabung dalam Tim Pokja melakukan persiapan untuk evaluasi kinerja Panwaslu Kecamatan Existing yang dilaksanakan sabtu, 27 April 2024.

Ketua Bawaslu Wonogiri membeberkan, "besok merupakan hari terakhir penerimaan berkas, sudah 70% peserta Panwascam Existing yang melakukan pendaftaran kita tunggu sampai besok dihari terakhir".

A.Joko Wuryanto menjelaskan bahwa rekrutmen kali ini menggunakan dua metode, yaitu evaluasi bagi peserta existing dan penjaringan bagi pendaftar baru, terangnya. Penilaian Evaluasi Kinerja (Peserta Existing) berupa Portofolio. Link pengisian Penilaian Portfolio akan dikirimkan secara daring (online). Pungkasnya. Peserta existing juga mengikuti penilaian evaluasi kinerja dengan standar yang telah ditetapkan sesuai petunjuk teknis yang disampaikan Bawaslu RI.

"Peserta existing akan dinilai terkait instrumen hasil kinerja serta instrumen penilaian atasan langsung, untuk menentukan nilai peserta layak atau tidaknya menjadi Panwaslu Kecamatan pada Pilkada 2024," terang Mayaris Kusdi Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia Organisasi dan Diklat Bawaslu Kabupaten Wonogiri.

“Perekrutan ini untuk menyiapkan tenaga ad hoc dalam rangka Pemilihan Kepala Daerah yang akan berlangsung 27 November 2024 mendatang. Kita berharap, Panwascam existing dan pendaftar baru benar-benar mempersiapkan diri sebagai Pengawas Pemilu yang profesional, berintegritas dan memiliki wawasan kepemiluan,” ungkap Mayaris.

Mayaris menambahkan Panwascam existing akan dilihat hasil kinerja serta integritasnya dalam kepemiluan. "Artinya, bagi Panawascam Existing harus memahami tentang tugas, tanggung jawab, serta kewenangan seorang pengawas di tingkat kecamatan".

Editor : A.L