Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Hadiri Rakor Operasi Mantap Brata Candi 2023-2024

Bawaslu Hadiri Rakor Operasi Mantap Brata Candi 2023-2024
A. Joko Wuryanto menjadi narasumber dalam kegiatan yang di gelar oleh Polres Wonogiri Jumat (20/10)

WONOGIRI-Ketua Bawaslu, Antonius Joko Wuryanto hadir sebagai narasumber memenuhi undangan dari Polres Wonogiri dalam Kegiatan "Rapat Koordinasi Kesiapan Operasi Mantap Brata Candi 2023-2024 dalam rangka pengamanan Tahapan Pemilihan Umum Legislatif, DPD, Presiden dan Wakil Presiden tahun 2024. Kegiatan ini bertempat di Gedung Pertemuan RM. Saraswati Brumbung Wonogiri dengan tujuan Koordinasi lintas sektoral antara penyelenggara pemilu, aparat keamanan dan partai politik. Turut hadir pula perwakilan dari KPU Wonogiri dan peserta pemilu tahun 2024.

Whats-App-Image-2023-10-20-at-14-36-10

Kegiatan ini disertai dengan pembacaan deklarasi pemilu damai oleh partai politik Se-Kabupaten Wonogiri, adapun isi dari deklarasi tersebut adalah :

1. Berkomitmen menjaga persatuan dan kesatuan serta keutuhan NKRI dengan tidak melakukan Politisasi SARA;

2. Mewujudkan Pemilu sebagai sarana integritas bangsa dan menolak segala bentuk pelanggaran dengan alasan apapun

3. Melaksanakan Pemilu Tahun 2024 yang langsung, umum, bebas rahasia jujur dan adil.

Dalam pemaparan materinya Joko menyampaikan tentang hasil kerja pengawasan Bawaslu Wonogiri, saat ini Bawaslu sedang mengawasi tahapan pencermatan DCT, tahapan Logistik dan Tahapan Pemutakhiran DPTb (Daftar Pemilih Tambahan) dan DPK (Daftar Pemilih Khusus).

Joko memaparkan tentang apa saja tugas bawaslu, salah satunya adalah melakukan pengawasan dan mengutamakan pencegahan serta melakukan penanganan apabila terjadi pelanggaran. Dalam upaya mencegahan Bawaslu memberikan imbuan dan saran perbaikan serta meningkatkan pengawasan pemilu partisipatif yang melibatkan masyarakat.

Kegiatan ditutup dengan penandatanganan deklarasi oleh seluruh peserta pemilu, penyelenggara pemilu dan stakeholder terkait. 

HUMAS BAWASLU WONOGIRI