Lompat ke isi utama

Berita

70 Panwaslu Kecamatan Existing Ikuti Evaluasi Kinerja Penilaian Atasan Langsung

panwaslu kecamatan existing mengikuti penilaian atasan langsung

pelaksanaan tes evaluasi panwaslu kecamatan existing untuk pemilihan 2024

Setelah menjalani seleksi administrasi, evaluasi Panwaslu Kecamatan Existing Kabupaten Wonogiri untuk Pemilihan 2024 memasuki tahapan evaluasi kinerja. Terdapat dua evaluasi yang dinilai, yakni evaluasi kinerja penilaian potofolio dan penilaian atasan langsung.

Dari total 75 Anggota Panwaslu Kecamatan Existing, mereka yang mendaftar mengikuti seleksi panwascam pada pemilihan 2024 berjumlah 70 orang. Tercatat sebanyak  70 orang hadir mengikuti evaluasi kinerja penilaian atasan langsung yang dilaksanakan di SMK Daya Wangsa Wonogiri, Minggu (28/4/2024).

Rekrutmen Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Wonogiri inii dilaksanakan dalam dua tahapan, tahapan pertama adalah melalui evaluasi kinerja bagi Panwaslu Kecamatan Existing, yaitu peserta yang berasal dari Anggota Panwaslu Kecamatan yang saat ini telah dan/atau sedang melaksanakan tugas untuk pengawasan pemilu tahun 2024. Tahapan kedua yaitu dengan metode Seleksi Pendaftar Baru jika hasil evaluasi kinerja menunjukkan terdapat kekurangan jumlah pengawas yang lolos evaluasi kinerja.

Koordinator Divisi SDM, Organisasi, Pendidikan, dan Pelatihan, Mayaris Kusdi mengatakan evaluasi terhadap puluhan anggota Panwaslu Kecamatan Existing dilakukan untuk menentukan apakah mereka masih layak untuk lanjut bertugas sebagai Panwaslu Kecamatan pada Pemilihan 2024 atau tidak.

Lebih lanjut dikatakan, aspek kinerja yang dinilai meliputi aspek kinerja institusi dan aspek kinerja individu. Proses penilaian dilakukan secara kuantitatif dengan menggunakan instrumen berupa daftar pertanyaan dalam bentuk pertanyaan terbuka dengan sistem scoring.

Guna memastikan kualitas dan akurasi hasil penilaian, maka Peserta Existing melampirkan bukti-bukti yang mendasari penilaian yang telah diberikan. Penilaian dilakukan oleh masing-masing Peserta Existing dengan cara menjawab pertanyaan yang ada.

Editor : AL