Lompat ke isi utama

Berita

Pengawasan Melekat Bawaslu Kabupaten Wonogiri Menyertai Penyerahan dan Perbaikan LADK

Tim Bawaslu saat melakukan pengawasan perbaikan LADK di KPU Kab. Wonogiri

Tim Bawaslu saat melakukan pengawasan perbaikan LADK di KPU Kab. Wonogiri

Wonogiri-Bawaslu Kabupaten Wonogiri menjalankan peran pengawasan saat penyerahan Laporan Awal Dana Kampanye (LADK) oleh partai politik pada Minggu (7/1) di kantor KPU. Sebanyak 17 partai politik telah mematuhi kewajibannya dengan menyerahkan LADK melalui sistem Sikadeka. Meskipun demikian, satu partai politik, yakni Partai Hanura, tercatat tidak melakukan penyerahan LADK pada tahap tersebut.

Masa perbaikan LADK kemudian menjadi fokus bagi partai politik untuk menyelesaikan ketidaksesuaian dan ketidaklengkapan dalam laporan keuangannya. Dari total delapan partai politik yang melakukan perbaikan, yaitu Nasdem, Gelora, PKN, Garuda, PBB, Perindo, PPP, dan Umat, semuanya berhasil melewati tahap perbaikan dengan hasil yang clear.

Bawaslu Kabupaten Wonogiri menegaskan keberhasilan tahapan perbaikan sebagai bukti keterlibatan dan ketegasan dalam memastikan setiap laporan dana kampanye. Hal ini mencerminkan transparansi dan akuntabilitas pelaksanaan tahapan Pemilu.

Selanjutnya, pengumuman hasil validasi LADK dijadwalkan akan dilakukan paling lambat Sabtu (13/1). Informasi ini akan diumumkan melalui papan pengumuman resmi dan website KPU Wonogiri, untuk memastikan aksesibilitas dan transparansi informasi terkait proses demokratisasi yang sedang berlangsung.

Penulis: Dani

Foto: Nur Cholis