Lompat ke isi utama

Berita

Pengawasan Logistik Lipat Surat Suara di Gor Giri Mandala: Persiapan Matang, Temukan 433 Surat Suara Berlebih

Anggota Bawaslu Wonogiri, Hengki dan Ambar (kemeja abu-abu dan berbaju batik) Saat Melakukan Pengawasan Sortir dan Lipat Surat Suara

Anggota Bawaslu Wonogiri, Hengki dan Ambar (kemeja abu-abu dan berbaju batik) Saat Melakukan Pengawasan Sortir dan Lipat Surat Suara

Wonogiri - Sebagai bagian dari persiapan matang menjelang hari pemungutan suara, kegiatan pengawasan logistik lipat surat suara dilakukan Bawaslu Wonogiri setiap hari selama jadwal sortir dan pelipatan surat suara berlangsung. Kegiatan ini dilakuakan di Gor Giri Mandala. Fokus pengawasan pada Kamis (11/1) adalah surat suara untuk Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Dapil IV yang mencakup Wonogiri, Karanganyar, dan Sragen.

Dari hasil sortir sebanyak 864.199 surat suara yang dibutuhkan, ditemukan 864.212 lembar yang berkualitas baik. Terdapat kelebihan 13 surat suara yang nantinya akan dimusnahkan meskipun dalam kondisi baik dan 420 lembar surat suara rusak sehingga keseluruhan hasil sortir mencapai 864.632 lembar. 

Kerusakan pada surat suara meliputi surat suara sobek, terdapat noda yang menutupi logo partai politik atau nama calon, dan surat suara yang terdapat lubang seperti tercoblos di dalam kolom partai politik atau nama calon.

Untuk memastikan integritas dan keberlanjutan proses pemilihan, pemusnahan surat suara rusak dan kelebihan surat suara dijadwalkan pada tanggal 23 Januari 2024. Langkah ini diambil untuk menghindari potensi kecurangan dan memastikan setiap suara yang dihitung benar-benar mewakili aspirasi masyarakat. Gor Giri Mandala menjadi saksi penting dalam tahapan awal proses pemilihan yang transparan dan berkualitas.

Penulis: Dani