Lompat ke isi utama

Berita

Menjelang Tahapan Kampanye, Bawaslu Siapkan Pencegahan Konten Negatif di internet

Pelaksanaan kegiatan gugus tugas pengawasan konten internet di RM Sayem Ngadirojo, Wonogiri

Pelaksanaan kegiatan gugus tugas pengawasan konten internet di RM Sayem Ngadirojo, Wonogiri

Wonogiri, Badan Pengawas Pemilihan Umum-Tahapan kampanye Pemilu 2024 akan dimulai dalam beberapa hari lagi, untuk itu Bawaslu Kabupaten Wonogiri bersiap untuk mengawasi kegiatan kampanye baik di lapangan maupun di media sosial (internet). Sebagai persiapan Bawaslu mengadakan rapat koordinasi bersama organisasi kepemudaan dan koordinator divisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat panwascam se-Kabupaten Wonogiri.

Rapat tersebut berlangsung pada hari Senin(13/11) dan Selasa (14/11) dengan Narasumber Syifa’ul Arifin (Redaktur Solopos) dan Heru Nur Iswantoro (Kepala Dinas Kominfo Wonogiri). Bertempat di ruang pertemuan kantor Bawaslu dan RM Sari Rasa Bu Sayem, Ngadirojo.

Rapat ini membahas sejumlah isu terkait pengawasan konten internet menjelang tahapan Kampanye yang akan datang. Dalam sambutannya, Ketua Bawaslu Wonogiri, Antonius Joko Wuryanto, menyampaikan pentingnya peran Gugus Tugas Pengawasan Konten Internet dalam mengantisipasi potensi penyebaran informasi hoaks dan berita palsu yang dapat memengaruhi opini Masyarakat.

"Melalui Gugus Tugas ini, kita berharap dapat lebih efektif dalam mengawasi dan mengatasi potensi penyebaran informasi yang dapat memengaruhi opini publik," ujarnya

 

Whats-App-Image-2023-11-13-at-14-05-21

Narasumber pertama, Syifa'ul yang juga merupakan anggota Mafindo, memberikan insight mengenai tren dan pola penyebaran konten yang perlu diwaspadai. Ia menekankan pentingnya pendekatan preventif dalam menanggulangi penyebaran informasi yang dapat merugikan proses demokrasi.

Heru, sebagai narasumber kedua, membahas upaya yang dilakukan pemerintah daerah dalam mengawasi dan mengelola konten internet yang bersifat merugikan. Heru menekankan pentingnya kerjasama lintas sektor untuk menciptakan lingkungan digital yang aman dan sehat.

Rapat ini diakhiri dengan harapan bersama untuk menjaga keamanan, ketertiban, dan kelancaran proses pemilihan umum di Kabupaten Wonogiri.

 

Humas Bawaslu Kabupaten Wonogiri

foto: Alfian Budiarso