Sabtu, 08 Mei 2021, WIB
Breaking News

Rabu, 22 Jan 2020, 17:03:11 WIB, 399 View imam nur cholis, Kategori : PUBLIKASI

WONOGIRI – Rekrutmen PPK yang diselenggarakan KPU kabupaten Wonogiri tengah memasuki tahap pendaftaran hari ke-lima, jumlah peserta yang mendaftarpun terus bertambah dari hari ke hari. Bawaslu kabupaten Wonogiripun tak henti-hentinya melakukan pengawasan dengan berbagai macam strategi demi terciptanya Pemilukada yang demokratis.

Pada hari rabu 22 Januari 2020 Bawaslu Wonogiri mengadakan rapat koordinasi (Rakor) pengawasan tahapan rekrutmen PPK Pilkada 2020 dengan Panwas Kecamatan. Rakor tersebut sebagai tindak lanjut dari Rapat Koordinasi Bawaslu Provinsi Jawa Tengah yang dilaksanakan di kabupaten Blora, tanggal 16-17 Januari yang lalu.

Hadir dalam rakor tersebut Ali Mahbub (kertua Bawaslu Wonogiri) beserta anggota dan 50 Panwas Kecamatan yang terdiri dari ketua dan satu anggota (Divisi PHL). Dalam sambutannya, Ali menegaskan kepada seluruh jajaran Panwas Kecamatan untuk selalu mengawal jalannya rekrutmen PPK demi menciptakan Pemilukada di Wongiri yang berintegritas.

Pada kesempatan yang sama, Joko Kiswanto (Kordiv PHL Bawaslu kabupaten Wonogiri) menyampaikan beberapa fokus pengawasan dalam rekrutmen PPK. Di antara fokus pengawasan tersebut terkait; Apakah ada anggota PPK yang terindikasi sebagai anggota atau pengurus Partai Politik; Calon PPK yang belum cukup umur (berusia di bawah 17 tahun); Calon PPK pernah menjabat 2 (dua) periode berturut-turut; Calon PPK yang berada dalam ikatan perkawinan dengan sesama penyelenggara pemilu; Calon PPK pernah diberhentikan secara tidak terhormat oleh DKPP atau KPU Kab/Kota; Terdapat calon anggota PPK yang pernah atau masih menjabat tim kampanye dari 5 (lima) tahun yang lalu; Calon PPK yang tidak berdomisili di wilayah kerja; Calon PPK yang berpendidikan di bawah SMA sederajat; Calon PPK yang pernah dipidana dengan ancaman pidana 5 (lima) tahun atau lebih serta Calon PPK yang terindikasi menggunakan narkoba dan obat-obatan terlarang. Selain hal tersebut, joko juga menyampaikan petunjuk teknis cara Pengisian Form A Pengawasan.

Dalam rakor tersebut, Isnawanti Sholihah (Kordiv Organisasi dan SDM Bawaslu kabupaten Wonogiri) menyampaikan kepada seluruh Panwas Kecamatan untuk aktif masuk kerja di Kantor Sekretariat kendati belum ada agenda yang padat terkait Pilkada. “Kami berharap kepada rekan-rekan Panwas Kecamatan untuk mempersiapkan hal-hal yang dapat menunjang kinerja pengawasan nantinya, ungkap Isna”. (Humas Bawslu Wonogiri / Cak Nur).



BAWASLU SOSIALISASIKAN PERBEDAAN SENGKETA PEMILU DAN PEMILIHAN
Selasa, 06 Apr 2021, 20:07:14 WIB, Dibaca : 38 Kali
BAWASLU WONOGIRI MENYAKSIKAN PEMBUKAAN BARANG EKS LOGISTIK PILKADA 2020
Jumat, 26 Mar 2021, 11:42:49 WIB, Dibaca : 26 Kali
Pengawasan Penetapan Pasangan Calon Terpilih
Kamis, 28 Jan 2021, 11:26:41 WIB, Dibaca : 286 Kali

Tuliskan Komentar