Sabtu, 08 Mei 2021, WIB
Breaking News

Senin, 03 Agu 2020, 14:42:47 WIB, 367 View imam nur cholis, Kategori : PUBLIKASI

WONOGIRI - Pilkada di Kabupaten Wonogiri yang akan digelar besok pada tanggal 9 Desember 2020, saat ini telah memasuki tahapan pencocokan dan penelitian data pemilih yang dilakukan oleh Petugas PPDP. Untuk memastikan proses coklit dilakukan sesuai prosedur, maka perlu kiranya pengawasan dari semua pihak, sehingga Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan Eromoko melakukan pengawasan secara langsung dan tidak langsung.

Pengawasan secara tidak langsung dilakukan Panwascam Eromoko dengan monitoring, evaluasi dan menerima laporan dari Pengawas Pemilihan Kelurahan/Desa (PKD). Pengawasan secara langsung dilakukan Panwascam Eromoko dengan mendatangi rumah-rumah penduduk secara acak untuk digunakan sampling, apakah PPDP sudah melakukan tugasnya sesuai Prosedur atau belum.

“Langkah awal yang dilakukan adalah kami berkoordinasi dengan PPS dan PPDP menanyakan rumah-rumah mana saja yang telah selesai dicoklit lalu kami mendatangi secara acak kurang lebih 10% - 20% dari jumlah yang telah dicoklit. Hasil yang kami dapatkan semua yang telah dilaporkan oleh PPDP dan PPS adalah benar sudah dicoklit dengan mendatangi keluarga tersebut dan mencocokkan dengan KK dan KTP yang bersangkutan dengan A.KWK”, ungkap Sugiyono selaku Ketua Panwascam Eromoko.

Sampling tersebut dilakukan di Dusun Ngandong Desa Ngandong, Dusun Beji Desa Pasekan, Dusun Bolakrejo Desa Tegalharjo serta semua diwilayah Kecamatan Eromoko. Kegiatan ini dibagi menjadi 3 Tim sesuai jumlah personil Panwascam agar ada penyebaran wilayah sampling. Dan hal ini juga untuk menyesuaikan protokol kesehatan jaga jarak. Hasil investigasi dengan pemilik rumah mengatakan “bahwa Petugas PPDP telah melaksanakan coklit sesuai Protokol kesehatan covid 19, memakai Masker, fieshield dan sarung tangan”, ungkap salah satu warga yang telah dilakukan sampling.

Pada kegiatan tersebut juga melibatkan  PKD untuk melakukan sampling diwilayahnya masing-masing, seperti yang dilakukan PKD Desa Pucung Dwi sulistyawan di mana dia telah melakukan sampling di daerah perbatasan dengan wilayah DIY. Dia telah melakukan sampling 5 rumah di dusun Jalakan tepatnya di TPS VII, yakni dirumah Tama Aditama,Tugino, Karsono, Waluyo, dan Tarso. Kelima rumah tersebut telah dilakukan coklit sesuai prosedur oleh PPDP. “Daerah ini rawan kependudukan karena berbatasan langsung dengan wilayah Provinsi lain makanya kami prioritaskan untuk kami cek secara langsung”, pungkas Sugiyono.

 

Penulis : Sugiyono

Editing : Humas Bawaslu Wonogiri



BAWASLU SOSIALISASIKAN PERBEDAAN SENGKETA PEMILU DAN PEMILIHAN
Selasa, 06 Apr 2021, 20:07:14 WIB, Dibaca : 38 Kali
BAWASLU WONOGIRI MENYAKSIKAN PEMBUKAAN BARANG EKS LOGISTIK PILKADA 2020
Jumat, 26 Mar 2021, 11:42:49 WIB, Dibaca : 27 Kali
Pengawasan Penetapan Pasangan Calon Terpilih
Kamis, 28 Jan 2021, 11:26:41 WIB, Dibaca : 287 Kali

Tuliskan Komentar