Minggu, 09 Mei 2021, WIB
Breaking News

Senin, 03 Agu 2020, 11:44:48 WIB, 791 View imam nur cholis, Kategori : PUBLIKASI

WONOGIRI - Panwascam Baturetno, mengawasi pelaksanaan pencocokan dan penelitian (coklit) daftar pemilih Pilkada 2020 di kawasan Lereng Gunung payung, tepatnya di Desa Belikurip di Kecamatan Baturetno, Rabu (15/7/2020). Gunung Payung secara geografis terletak di daerah segitiga; sebelah barat Kec. Baturetno, selatan Kec. Giriwoyo, sebelah timur Kec. Batuwarno.

Menurut cerita rakyat, dari mulut ke mulut Gunung Payung mempunyai sifat ramah, simbul keagungan, mampu memayungi masyarakat sekitar, jika terjadi bencana alam. Tuah Gunung Payung mampu menciptakan masyarakat, khususnya Kec.Baturetno menjadi masyarakat damai, sejahtera, hidup berdampingan. Salah satu desa yang diambil sampling untuk dilakukan Pengawasan pelaksanaan coklit data pemilih di Lereng Gunung Payung adalah desa Belikurip.

Desa Belikurip merupakan kawasan yang berjarak sekitar empat kilo meter dari puncak Gunung Payung . Aksebilitas menuju ke desa Banyuripan tersebut harus melalui medan yang terjal, menanjak  dan jalan yang sempit. “Kami bertiga tidak menyangka bahwa jalan yang bakal kita lalui seperti itu tapi demi menjalankan tugas dan kewajiban kami melakukannya dengan semangat yang luar biasa dan hati yang riang gembira. Walaupun untuk naik dan turun ke lereng Gunung Payung dengan hati yang berdebar-debar karena jalannya menanjak dan tikungan yang tajam”, Tutur salah satu anggota Panwascam Baturetno.

Dilihat dari sisi letak wilayah, berbagai kemungkinan pelanggaran dapat terjadi di Kawasan tersebut, kemungkinan pelanggaran pertama yang akan terjadi adalah Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) tidak melakukan coklit atau melakukan coklit, tapi tidak sesuai dengan prosedur, termasuk pelaksanaan protokol kesehatan Covid-19. Kedua, Panitia Pemungutan Suara (PPS), Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), hingga KPU Kabupaten/Kota tidak menindaklanjuti masukan pengawas pemilihan atau tim kampanye pasangan calon.

“Kami bertiga turun langsung untuk memastikan pelaksanaan coklit yang dilakukan Petugas Pemutakhiran Daftar Pemilih (PPDP) berjalan sesuai dengan ketentuan. Kami juga ingin memastikan jajaran Panwas kelurahan desa (PKD) bekerja sesuai dengan tugas, fungsi dan wewenangnya”, ungkap Andru selaku Ketua Panwascam Baturetno.

Proses coklit oleh PPDP terkadang ada kendala aktivitas warga. Pada pagi hingga sore hari, warga desa banyak yang tak di rumah karena berladang di kebun. Akhirnya, coklit dilakukan pada petang hari atau malam hari. “Sejauh Pengawasan kami, kegiatan coklit di desa Belikurip telah dilaksanakan dengan mematuhi seluruh prosedur coklit, termasuk kepatuhan dalam protokol kesehatan penanggulangan penyebaran covid-19”, pungkas Andru.

 

Penulis : Sri Rahayu

Editing : Humas Bawaslu Wonogiri



BAWASLU SOSIALISASIKAN PERBEDAAN SENGKETA PEMILU DAN PEMILIHAN
Selasa, 06 Apr 2021, 20:07:14 WIB, Dibaca : 39 Kali
BAWASLU WONOGIRI MENYAKSIKAN PEMBUKAAN BARANG EKS LOGISTIK PILKADA 2020
Jumat, 26 Mar 2021, 11:42:49 WIB, Dibaca : 28 Kali
Pengawasan Penetapan Pasangan Calon Terpilih
Kamis, 28 Jan 2021, 11:26:41 WIB, Dibaca : 287 Kali

Tuliskan Komentar