Minggu, 09 Mei 2021, WIB
Breaking News

Kamis, 01 Agu 2019, 16:32:13 WIB, 651 View imam nur cholis, Kategori : PUBLIKASI

Wonogiri – Kamis pagi 1 Agustus 2019, Bawaslu Wonogiri menghadiri Rapat Evaluasi Fasilitas Kampanye Pemilu 2019 yang digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Wonogiri. Acara yang dilaksanakan di Rumah Makan Alami Sayang Jl. Raya Wonogiri-Ngadirojo No. KM Brubuh - Ngadirojo Lor - Ngadirojo Kabupaten Wonogiri tersebut, dihadiri oleh stakeholder; Bawaslu, Kapolres, Pemda, Satpol PP, Partai Politik, dinas lingkungan hidup dan lain-lain.

Menurut Toto Sihsetyo Adi, S.E,MM selaku ketua KPU Kabupaten Wonogiri, kegiatan yang digelar ini bertujuan untuk mengevaluasi fasilitas yang diberikan KPU dalam kegiatan kampanye pada pemilu 2019. Karena untuk menciptakan pemilu yang adil, jujur, tertib dan damai diperlukan kerjasama yang baik dengan stakeholder, sehingga dibutuhkan saran dan pesan sebagai bahan pertimbangan pemilu kedepannya.

Bawaslu Wonogiri selama melakukan pengawasan tahapan pelaksanaan kampanye pemilihan umum presiden-wakil presiden dan legislatif tahun 2019, Bawaslu menemukan maupun mendapatkan laporan terkait berbagai dugaan pelanggaran pemilu. Baik dugaan pelanggaran administrasi, pidana maupun pelanggaran pemilu lainnya. Hal tersebut disampaikan oleh ketua Bawaslu Wonogiri Ali Mahbub S.Pd, M.Pd dalam season penyampaian saran dan pesan pada acara evaluasi tersebut.

Menurut Ali, “total kegiatan kampanye di kabupaten Wonogiri mencapai 2.128 kegiatan. Dari jumlah keseluruhan kampanye yang digelar oleh peserta pemilu tersebut, terdapat pelanggaran kampanye yang cukup besar terkait pemasangan alat peraga kampanye (APK) dan kampanye yang tidak ber-STTP”.

Selama melaksanakan pengawasan tahapan kampanye, Bawaslu Wonogiri telah menertibkan alat peraga kampanye (APK) sejumlah 4.447 dan menindak kegiatan kampanye yang tidak ber-STTP sebanyak 126, imbuh Ali. Dari sini Bawaslu Kabupaten Wonogiri berharap, kedepannya agar peserta pemilu mentaati peraturan dalam berkampanye. Dan KPU sebagai fasilitator agar lebih gencar dalam mensosialisasikan mekanisme kampanye.  Sehingga tercipta pemilu yang demokratis, bermartabat dan berintegritas.

Dalam Rapat evaluasi yang dipandu oleh Komisioner KPU divisi hukum Pradika Harsanto tersebut,  Kapolres Wonogiri menghimbau supaya peserta pemilu kedepannya lebih mentaati peraturan, dengan begitu pemilu dapat berjalan dengan aman dan tertib.

Sejalan dengan hal itu, Pemerintah Daerah, Dinas Lingkungan Hidup, Satpol PP dan yang lain menyampaikan, bahwa dalam kenyataan di lapangan masih banyak kegiatan kampanye yang melanggar aturan, terlebih dalam pemasangan APK. Masih banyak APK yang dipasang diluar ketentuan yang telah ditetapkan, seperti di pasang pada pohon dan fasilitas umum, sehingga mengganggu ketertiban. Maka dari itu, harapan kedepannya agar peserta pemilu mentaati regulasi kampanye yang ada, agar tercipta pemilu yang damai dan berintegritas. (Cak Nur Press).



BAWASLU SOSIALISASIKAN PERBEDAAN SENGKETA PEMILU DAN PEMILIHAN
Selasa, 06 Apr 2021, 20:07:14 WIB, Dibaca : 39 Kali
BAWASLU WONOGIRI MENYAKSIKAN PEMBUKAAN BARANG EKS LOGISTIK PILKADA 2020
Jumat, 26 Mar 2021, 11:42:49 WIB, Dibaca : 28 Kali
Pengawasan Penetapan Pasangan Calon Terpilih
Kamis, 28 Jan 2021, 11:26:41 WIB, Dibaca : 287 Kali

Tuliskan Komentar