Sabtu, 08 Mei 2021, WIB
Breaking News

Jumat, 26 Jul 2019, 11:33:13 WIB, 945 View imam nur cholis, Kategori : PUBLIKASI

Wonogiri – Kegiatan jum’at sehat telah menjadi agenda rutin Bawaslu Wonogiri setiap akhir pekan. Pada hari jum’at, 26 Juli 2019 Bawaslu Wonogiri menggelar jalan sehat dengan rute kantor sekretariat menuju Monumen Bedol Deso.

Monumen Bedol Deso merupakan salah satu ikon pariwisata yang ada di kota wonogiri. Sejarah berdirinya monumen tersebut tidak terlepas dari pembangunan Waduk Gajah Mungkur. Pasalnya dalam pembangunan Waduk Gajah Mungkur membutuhkan banyak pengorbanan.

Salah satunya adalah memindahkan puluhan ribu penduduk Wonogiri ke tempat transmigrasi di pulau Sumatra. Atas jasa besar penduduk dalam berkorban itu, Pemerintah Kabupaten Wonogiri kemudian mendirikan sebuah monumen yang diberi nama Monumen Bedol Deso.

Monument tersebut terletak di sisi kanan intake (pintu air) Waduk Gajah Mungkur. Berupa bangunan sejumlah patung dengan tinggi antara dua hingga tiga meter. Patung ini menggambarkan sebuah keluarga lengkap yang terdiri atas ayah, ibu, dan dua orang anak, satu laki-laki dan satu perempuan. Keempatnya tampak menghadap kearah barat laut dan melambaikan tangan ke belakang ke sisi waduk. Ini seakan melukiskan perpisahan dari desa asalnya untuk menuju ke tempat transmigrasi. Sedangkan pada bagian bawah monument, terdapat relief yang menceritakan awal mula berdirinya waduk hingga pembangunan dan proses transmigrasi.

Kegiatan jalan sehat minggu ini, Bawaslu Wonogiri sengaja mimilih rute Monumen Bedol Deso dengan tujuan untuk mengenang sejarah berdirinya ikon-ikon pariwisata yang berada di Wonogiri, termasuk berdirinya Waduk Gajah Mungkur dan Monumen Bedol Deso. (Cak Nur Press)



BAWASLU SOSIALISASIKAN PERBEDAAN SENGKETA PEMILU DAN PEMILIHAN
Selasa, 06 Apr 2021, 20:07:14 WIB, Dibaca : 38 Kali
BAWASLU WONOGIRI MENYAKSIKAN PEMBUKAAN BARANG EKS LOGISTIK PILKADA 2020
Jumat, 26 Mar 2021, 11:42:49 WIB, Dibaca : 27 Kali
Pengawasan Penetapan Pasangan Calon Terpilih
Kamis, 28 Jan 2021, 11:26:41 WIB, Dibaca : 287 Kali

Tuliskan Komentar