Sabtu, 08 Mei 2021, WIB
Breaking News

Rabu, 09 Okt 2019, 15:00:59 WIB, 479 View Ekky Elvira, Kategori : PUBLIKASI


Ali Mahbub (Ketua Bawaslu Kabupaten Wonogiri) satu dari kanan dan Joko Wuryanto (Kordiv Penyelesaian Sengketa Bawaslu Wonogiri) satu dari kiri bersama Sulistyo Adi Prabowo (Peserta Sekolah Kader Pengawasan asal Wonogiri) tengah.

WONOGIRI Menjelang dimulainya tahapan pemilihan kepala daerah serentak 2020, Bawaslu Kabupaten Wonogiri tengah mendelegasikan satu peserta untuk mengikuti “Sekolah Kader Pengawasan Pemilu” yang diselenggarakan oleh Bawaslu RI di Bogor pada 25 September hingga 9 Oktober 2019.

Ali Mahbub S.Pd.I,M.Pd (ketua Bawaslu Kabupaten Wonogiri) mengungkapkan, “Peserta yang didelegasikan dalam Sekolah Kader Pengawasan tersebut bernama Sulistyo Adi Prabowo yang sebelumnya telah mengikuti seleksi administrasi dan tes wawancara di Bawaslu Provinsi Jawa Tengah bersama dua teman lainnya dari Wonogiri”.

Rekrutmen peserta “Sekolah Kader Pengawasan” ini dilaksanakan dengan melalui beberapa tahapan; dimulai dari pendaftaran dan pengiriman berkas ke Bawaslu Provinsi Jawa Tengah (8-12 September 2019). Kemudian seleksi berkas yang diumumkan pada 14 September 2019, dilanjutkan dengan tes wawancara pada tanggal 16-19 September 2019. Sedangkan pengumuman lolos tidaknya peserta diumumkan pada 20 September 2019 dan “Sekolah Kader Pengawasan” dilaksanakan pada tanggal 25 September 2019 hingga 9 Oktober 2019”, imbuh Ali.

Masih dalam kesempatan yang sama, Joko Wuryanto, S.H (Kordiv Penyelesaian Sengketa Bawaslu Kabupaten Wonogiri) menyebutkan, “Bahwa pada awalnya di kabupaten Wonogiri terdapat 3 pendaftar; yaitu Afan Dwi Jatmiko, Ahmad Rosandy dan Sulistyo Adi Prabowo. Namun 1 dari 3 pendaftar tersebut (Ahmad Rosandy) tidak dapat mengikuti seleksi administrasi dan tes wawancara di Bawaslu Provinsi Jawa Tengah dikarenakan sakit. Dan setelah melalui seleksi administrasi dan tes wawancara, Sulistyo Adi Prabowo terpilih menjadi wakil dari Kabupaten Wonogiri untuk mengikuti “Sekolah Kader Pengawasan” sesuai dengan pengumuman Bawaslu Provinsi Jawa Tengah Nomor 059/BAWASLU PROV.JT/KP.01.00/IX/2019 tertanggal 20 September 2019”.

Sulistyo Adi Prabowo yang kerap dipanggil Bowo merupakan Ketua Senat Mahasiswa IAIN Surakarta. Dalam Esainya yang berjudul “AKTIFASI PERAN PEMUDA DALAM PENGAWASAN PEMILU PARTISIPATIF WUJUDKAN WONOGIRI ADIL BERDEMOKRASI” menyampaikan bahwa pemuda sebagai penerus bangsa, seperti kata Soekarno sang Proklamator “beri aku 10 pemuda maka akan ku goncang dunia” itu menunjukkan bahwa sang proklamator percaya kepada pemuda dalam bernegara. Pemuda harus melek politik yang adil dan bersih, sudah bukan saatnya pemuda menjadi objek pemilu yang hanya datang coblos pulang, tapi pemuda adalah subjek pemilu yang harus ikut andil dalam penyelenggaraan pemilu dengan mengawasi proses pemilu untuk wujudkan Wonogiri adil dan bersih dalam demokrasi, imbunya.

Dalam Sekolah Kader Pengawasan, Bowo membuat rencana kegiatan dengan tema “Jambore Pengawas Milenial Sarana Aktifasi Pemuda Paham Pengawasan Partisipatif” untuk meningkatkan antusias para komunitas dan organisasi kepemudaan yang bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada peserta tentang kepemiluan dan pengawasan partisipatif, pemberian simulasi dalam pengawasan dan pelaporan pelanggaran, dan membentuk Forum Komunitas Wonogiri (FKW) untuk menaungi dan memfasilitasi komunitas di Wonogiri.  Sasaran dari rencana kegiatan tersebut meliputi komunitas Wonogiri, organisasi kepemudaan, dan ikatan mahasiswa Wonogiri, dengan penetapan strategis sebagai berikut : basis komunitas adalah sasaran kegiatan yang didalamnya terdapat basis pemula, pemuda, dan perempuan, memperkuat jaringan dan hubungan dengan komunitas yang sudah memiliki hubungan dan menambah jaringan kepada komunitas lain, kegiatan dalam bentuk milenial seperti jambore, camp dan kopdar, mendiskusikan dan meyakinkan secara langsung dengan stakeholder komunitas agar dapat bergabung dengan kegiatan ini. (Elvira11.Red)


 



BAWASLU SOSIALISASIKAN PERBEDAAN SENGKETA PEMILU DAN PEMILIHAN
Selasa, 06 Apr 2021, 20:07:14 WIB, Dibaca : 38 Kali
BAWASLU WONOGIRI MENYAKSIKAN PEMBUKAAN BARANG EKS LOGISTIK PILKADA 2020
Jumat, 26 Mar 2021, 11:42:49 WIB, Dibaca : 28 Kali
Pengawasan Penetapan Pasangan Calon Terpilih
Kamis, 28 Jan 2021, 11:26:41 WIB, Dibaca : 287 Kali

Tuliskan Komentar