Minggu, 09 Mei 2021, WIB
Breaking News

Jumat, 20 Sep 2019, 10:43:37 WIB, 623 View Asep Awaluddin, Kategori : PUBLIKASI



Anggota Bawaslu Joko Wuryanto (kiri) menyerahkan Buletin Wonogiri kepada Eni kasi tata pemerintahan Kecamatan Sidoharjo


Kamis, 19 September 2019 Bawaslu Wonogiri membagikan secara langsung Buletin hasil kerja Pengawasan selama pemilu 2019. Seluruh kantor 25 Kecamatan di Kabupaten Wonogiri di datangi oleh tim pembagian Buletin.

Tim ini dibagi menjadi 3, yaitu wilayah Selatan, Timur dan Tengah. Masing-masing tim bertugas membagikan di 8 wilayah Kecamatan dan 1 tim yang mendapat bagian di 9 Kecamatan.

Sebuah langkah maju bagi Bawaslu Wonogiri dalam mendokumentasikan kerja pengawasan dalam bentuk buletin. Membagi-bagikan buletin secara langsung ini pun sebagai upaya Bawaslu Wonogiri untuk menginformasikan secara tepat dan cepat kerja-kerja hasil Pencegahan, pengawasan dan juga penindakan Bawaslu Wonogiri. Dari proses ini ada sebuah harapan bahwa semua wilayah kecamatan di Kabupaten Wonogiri bisa mengakses, membaca, mengetahui dan kemudian memberikan kerjasama yang baik kepada Bawaslu Wonogiri dan jajarannya.

Buletin Bawaslu edisi I ini memiliki tema “Pidana Pemilu”, bahwa Bawaslu Wonogiri menangani 9 kasus pidana pemilu 2019, dari 9 kasus dugaan pidana tersebut 1 kasus telah berkekuatan hukum tetap, inkrah. Yaitu Kasus politik uang yang dilakukan oleh LP caleg dari salah satu partai politik peserta pemilu yang telah terbukti secara sah dan meyakinkan dihadapan hakim pengadilan negeri Wonogiri, bahwa dirinya telah melakukan politik uang. Sebagai sanksinya saudara LP dijatuhi hukuman 1,5 bulan kurungan dan denda sebesar 6 juta rupiah.

Selanjutnya terdapat pembahasan tentang ASN tidak netral, yaitu camat di salah satu kecamatan di Wonogiri yang kemudian terbukti secara sah dan meyakinkan berdasarkan klarifikasi dari para pihak yang melaporkan dan juga terlapor. Bawaslu Wonogiri merekomendasikan kasus ASN tidak netral tersebut kepada Komisi ASN Pusat di Jakarta. Dari rekomendasi Bawaslu Wonogiri yang terkirim ke KASN tersebut, kemudian muncul rekomendasi KASN terkait sanksi kepada yang bersangkutan, yaitu sanksi disiplin sedang. Banyak lagi hal-hal yang diungkapkan di dalam Buletin edisi I Bawaslu Wonogiri ini, untuk lebih jelasnya silakan bisa diunduh versi e-papernya. (Asep Awaluddin)



BAWASLU SOSIALISASIKAN PERBEDAAN SENGKETA PEMILU DAN PEMILIHAN
Selasa, 06 Apr 2021, 20:07:14 WIB, Dibaca : 39 Kali
BAWASLU WONOGIRI MENYAKSIKAN PEMBUKAAN BARANG EKS LOGISTIK PILKADA 2020
Jumat, 26 Mar 2021, 11:42:49 WIB, Dibaca : 28 Kali
Pengawasan Penetapan Pasangan Calon Terpilih
Kamis, 28 Jan 2021, 11:26:41 WIB, Dibaca : 288 Kali

Tuliskan Komentar