Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Wonogiri Gelar TOT Pelatihan Saksi Peserta Pemilu Tahun 2024

dokumentasi narasumber Sri Sumanta

Wonogiri – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Wonogiri melaksanakan Training Of Trainers (TOT), pelatihan saksi peserta Pemilu tingkat Kabupaten pada Pemilu Tahun 2024.

Ketua Bawaslu Wonogiri, A. Joko Wuryanto, mengatakan, dalam rangka melaksanakan tugas dan wewenang, serta kewajiban pengawas Pemilu Tahun 2024 dalam menciptakan Pemilu yang berintegritasi, maka Bawaslu Wonogiri melaksanakan (TOT) pelatihan saksi.

Kegiatan penguatan kapasitas ini, merupakan bagian dari serangkaian persiapan yang dilakukan menjelang Pemilu tahun 2024.

“Para calon saksi peserta partai dalam mengikuti TOT ini, diberikan pemahaman mendalam tentang berbagai aspek teknis dalam menjalankan tugas sebagai saksi pada Pemilu 2024. Serta diberikan pemahaman terkait kebijakan teknis pemungutan dan penghitungan suara,” terang Toto Komisioner KPU Wonogiri yang juga sebagai narasumber di acara TOT Pelatihan Saksi, Jumat (9/2/2024).

Lanjutnya, kegiatan ini merupakan langkah konkrit dalam memastikan setiap aspek Pemilu tahun 2024, berjalan dengan transparan dan bebas dari kecurangan. Kegiatan ini sangat penting bagi para saksi partai politik, karana akan memiliki peran krusial dalam melakukan pengawasan di masing-masing Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Jadi kegiatan ini melibatkan secara langsung saksi partai politik, karena dalam proses pelatihan dan pembekalan ini diharapkan setiap partai politik, dapat terlibat secara aktif dan bertanggung jawab dalam mengawasi jalannya Pemilu Tahun 2024 ini,” jelas Sri Sumanta selaku narasumber dalam acara ini.

Diketahui, kegiatan TOT ini dihadiri para saksi peserta pemilu diantaranya Tim pemenangan persiden dan wakil presiden, tim pemenangan calon anggota DPD, dan saksi partai politik.

Penulis dan Foto : Al

Editor : Al