Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Menerima Audiensi Dari Staf Kepresidenan

Mayaris Kusdi (duduk disebelah kiri) menerima kunjungan dari staf presiden

Mayaris Kusdi (duduk disebelah kiri) menerima kunjungan dari staf presiden

WONOGIRI-Kamis, 9 November 2023 Mayaris Kusdi selaku Koordinator Divisi SDMO & Diklat menerima audiensi terkait koordinasi dan akomodasi pemilih penyandang disabilitas. Bawaslu menyambut dengan baik kunjungan dari Sunarman Sukamto selaku tenaga ahli madya kedeputian V bidang kajian dan pengelolaan Isu Politik, Hukum, Pertahanan, Keamanan dan HAM strategis.  Setelah perkenalan, KSP memamparkan maksud dan tujuannya.
Dalam rangka mendukung persiapan Pemilu tahun 2024, KSP (Kantor Staf Presiden) berupaya untuk mengakomodir penyediaan akesbilitas bagi penyandang disabilitas, untuk itu kerjasama dengan Bawaslu dipandang perlu. Pengawasan hak pilih bagi penyandang disabilitas adalah langkah kunci dalam memastikan bahwa pemilihan berjalan secara inklusif dan adil, ini juga mendukung hak asasi manusia penyandang disabilitas dan memastikan partisipasi mereka dalam proses demokratis.

audiensi-2

Bawaslu menjelaskan tugas-tugas pengawasan apa saja yang harus dilakukan. Diperlukan pembekalan untuk jajaran pengawas mulai dari Panwaslu Kecamatan, PKD (Pengawas Kelurahan/ Desa) dan PTPS (Pengawas Tempat Pemungutan Suara) untuk mendukung dan mensukseskan pemilu yang adil dan berintegritas. Bawaslu juga memandang penting untuk menghimbau KPU dalam mendampingi salah satu pemilih penyandang disabilitas untuk membaca huruf braile, diperlukan perhatian dan pelayanan khusus agar hak pilih teman-teman disabilitas tetap terjaga. 

HUMAS BAWASLU WONOGIRI.

foto: Alfian Budiarso