Lompat ke isi utama

Berita

15 Hari Jelang Pencoblosan, Bawaslu Wonogiri Pastikan Logistik Tepat Waktu, Tepat Sasaran dan Tepat Jumlah

Staff Bawaslu Wonogiri saat Melakukan Pengawasan Melekat Pada Proses Pengepakan Surat Suara di GOR Wonogiri

Staff Bawaslu Wonogiri saat Melakukan Pengawasan Melekat Pada Proses Pengepakan Surat Suara di GOR Wonogiri

Wonogiri-Dalam rangka menjaga integritas dan transparansi proses pemilu, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Wonogiri aktif melakukan pengawasan melekat pada tahap pengepakan surat suara, sampul surat suara, dan alat kelengkapan Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang akan digunakan pada pemilihan mendatang.

Tim pengawasan melakukan observasi langsung di gudang logistik GOR Giri Wahana untuk memastikan bahwa semua tahapan pengepakan dilakukan sesuai dengan aturan dan prosedur yang telah ditetapkan.

Ketua Bawaslu Wonogiri, Antonius Joko Wuryanto, menyampaikan, "Pengawasan melekat ini untuk memastikan ketepatan surat suara yang akan didistribusikan. Selain itu untuk memeriksa keamanan kotak suara terjaga hingga di TPS dengan memastikan semua tersegel logo KPU."

Dalam kegiatan pengawasan ini, Bawaslu fokus memeriksa jumlah surat suara, kondisi fisik, dan keutuhan alat kelengkapan TPS. Bawaslu juga berkoordinasi dengan KPU untuk memastikan keterlibatan petugas yang terpercaya dan menjaga ketertiban selama proses pengepakan.

Hasil pengawasan akan dijadikan dasar untuk membuat laporan yang akan dipublikasikan secara terbuka. Joko menambahkan, "Kami berkomitmen untuk menjaga keterbukaan dan transparansi dalam proses pemilihan ini. Publik berhak mengetahui bahwa setiap langkah yang diambil telah melibatkan pengawasan yang ketat."

Pengawasan melekat ini tidak hanya menjadi bentuk tanggung jawab Bawaslu terhadap integritas pemilihan, tetapi juga sebagai langkah preventif untuk mencegah potensi pelanggaran atau kecurangan yang dapat merugikan proses demokratis di Kabupaten Wonogiri

Pekerja Harian yang Melakukan Penyegelan Kotak Suara yang sudah Berisi Kelengkapan TPS

Penulis : DaniĀ 

Foto : Dani